DIBERITAJUKAN KEPADA WARGA MASYARAKAT YANG KEBALI DARI DAERAH ZONA MERAH (JAKARTA, BOGOR, TANGERANG, BEKASI, DEPOK, TANGERANG, KARAWANG, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR DAN LUAR NEGERI DAN DAERAH LAINNYA ) WJIB LAPOR KEPADA KETUA RT, RW, PEMERINTAH DESA ATAU SATGAS COVID-19 DAN ISOLASI DIRI SELAMA 14 (EMPAT BELAS HARI ) // MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI // TETAP TENANG DAN JAGA SELALU KEBERSIHAN // #DIRUMAHAJA  

PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA

Ade Didin Tajudin 10 Maret 2019 12:23:04 Berita Desa

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa diatur dalam Perturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015, dalam peraturan ini dijelaskan bahwa :

PENGANGKATAN PERANGKAT DESA

Perangkat Desa diangkat oleh Kepala Desa dari warga Desa yang telah memenuhi persyaratan umum dan khusus.

Persyaratan Umum sebagaimana dimaksud  adalah sebagai berikut:
  • berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat
  • berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun
  • .memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi
Persyaratan Khusus sebagaimana dimaksud adalah persyaratan yang bersifat khusus dengan memperhatikan hak asal usul dan nilai sosial budaya masyarakat setempat dan syarat lainnya.
 
  • Mekanisme Pengangkatan

    Pengangkatan Perangkat Desa dilaksanakan melalui mekanisme sebagai berikut:
  • Kepala Desa dapat membentuk Tim yang terdiri dari seorang ketua, seorang sekretaris dan minimal seorang anggota;
  • Kepala Desa melakukan penjaringan dan penyaringan calon Perangkat Desa yang dilakukan oleh Tim;
  • Pelaksanaan penjaringan dan penyaringan bakal calon Perangkat Desa dilaksanakan paling lama 2 (dua) bulan setelah jabatan perangkat desa kosong atau diberhentikan;
  • Hasil penjaringan dan penyaringan bakal calon Perangkat Desa paling sedikit 2 (dua) orang calon dikonsultasikan oleh Kepala Desa kepada Camat;
  • Camat memberikan rekomendasi tertulis terhadap calon Perangkat Desa paling lambat 7 (tujuh) hari kerja;
  • Rekomendasi yang diberikan Camat berupa persetujuan atau penolakan berdasarkan persyaratan yang ditentukan;
  • Dalam hal Camat memberikan persetujuan, Kepala Desa menerbitkan Keputusan Kepala Desa tentang Pengangkatan Perangkat Desa; dan
  • Dalam hal rekomendasi Camat berisi penolakan, Kepala Desa melakukan penjaringan dan penyaringan kembali calon Perangkat Desa.

PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA

Kepala Desa memberhentikan Perangkat Desa setelah berkonsultasi dengan Camat.
 
Perangkat Desa berhenti karena:
  • meninggal dunia;
  • permintaan sendiri; dan
  • diberhentikan.
  • Perangkat Desa diberhentikan sebagaimana dimaksud  karena:
  • usia telah genap 60 (enam puluh) tahun;
  • dinyatakan sebagai terpidana berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
  • berhalangan tetap;
  • tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai perangkat desa; dan
  • melanggar larangan sebagai Perangkat Desa.
  • Pemberhentian Perangkat Desa  ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa dan disampaikan kepada Camat atau sebutan lain paling lambat 14 (empat belas) hari setelah ditetapkan.
  • Pemberhentian Perangkat Desa wajib dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Camat atau sebutan lain.
  • Rekomendasi tertulis Camat atau sebutan lain didasarkan pada persyaratan pemberhentian Perangkat Desa.

PEMBERHENTIAN SEMENTARA PERANGKAT DESA

  • Perangkat Desa diberhentikan sementara oleh Kepala Desa setelah berkonsultasi dengan Camat.
  • Pemberhentian sementara Perangkat Desa sebagaimana dimaksud  karena:
  1. ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan;
  2. ditetapkan sebagai terdakwa;
  3. tertangkap tangan dan ditahan.
  • Perangkat Desa yang diberhentikan sementara sebagaimana dimaksud  diputus bebas atau tidak terbukti bersalah oleh Pengadilan dan telah berkekuatan hukum tetap dikembalikan kepada jabatan semula.

KEKOSONGAN JABATAN PERANGKAT DESA

Dalam hal terjadi kekosongan jabatan Perangkat Desa maka tugas Perangkat Desa yang kosong dilaksanakan oleh Pelaksana Tugas yang memiliki posisi jabatan dari unsur yang sama.

Pelaksana Tugas sebagaimana dimaksud ditetapkan oleh Kepala Desa dengan Surat Perintah Tugas yang tembusannya disampaikan kepada Bupati/Walikota melalui Camat paling lambat 7 (tujuh) hari terhitung sejak tanggal surat penugasan.

Pengisian jabatan Perangkat Desa yang kosong selambat-lmbatnya 2 (dua) bulan sejak Perangkat Desa yang bersangkutan berhenti.
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Wilayah Desa

Sinergi Program

Kemendes PDTT Kemendagri Website Kab Bandung
BPJS Online KPU Kabupaten Bandung LAPOR

Aparatur Desa

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Cibaribis Nomor 112 Desa Mekarjaya - Kec. Banjaran
Desa Mekarjaya
Kecamatan Banjaran
Kabupaten Bandung
Kodepos 40377
Telepon
Email info@mekarjaya-banjaran.desa.id

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung