• Jl. Cibaribis Nomor 112 Desa Mekarjaya - Kec. Banjaran
  • mekarjaya-banjaran@bandungkab.go.id
INFO
  • PEMERINTAH DESA MEKARJAYA KECAMATAN BANJARAN KABUPATEN BANDUNG MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1443 H, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
  • PENGUMUMAN : SESUAI DENGAN KEPRES NOMOR 4 TAHUN 22 TENTANG CUTI BERSAMA ASN TAHUN 2022, MAKA PELAYANAN PUBLIK DESA MEKARJAYA TUTUP SEMENTARA MULAI TANGGAL 29/04/2022 SAMPAI DENGAN TANGGAL 06/05/2022 DAN AKAN BUKA KEMBALI TANGGAL 09/05/2022 -- selengkapnya...

Data Perkembangan Desa

07 Oktober 2021 Ade Didin Tajudin Dibaca 376 Kali

Desa memiliki tingkatannya sendiri sesuai dengan kemajuan perkembangan yang dialami oleh desa. Sebuah desa dikatakan mencapai tingkatan maju jika dinilai mampu untuk mengatasi permasalahan yang ada dihadapi desa itu sendiri. Tingkat perkembangan desa dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu Desa Swasembada, Desa Swakarya, dan Desa Swadaya.

Desa Swasembada atau biasa disebut desa maju atau berkembang adalah desa yang masyarakatnya dinilai mampu memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki desa baik sumber daya alam maupun fasilitas yang disediakan. Berpikiran lebih modern dan perekonomian masyarakatnya sudah terpenuhi.

Sedangkan desa yang dalam tingkatan Desa Swakarya termasuk desa yang tingkatannya berada dibawah desa swasembada. Desa swakarya adalah desa yang sedang dalam tahap pengembangan, pola pemikiran yang mulai terbuka dan memiliki sarana yang mampu meningkatkan perekonomian, pendidikan, dan bidang lainnya.

Berbeda dengan Desa Swadaya yang bisa disebut sebagai desa yang tertinggal. Daerah yang ditinggali terisolir, sehingga pemikiran masyarakatnya lebih primitif dan tertutup dari segala pengaruh dunia luar. Masyarakatnya juga masih berpegang teguh dengan kepercayaan adat serta minim dalam sarana dan prasarananya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar